Dapatkah Tim OSK Smanggar Melaju ke Tingkat Propinsi?

Selasa dini hari pukul 05.30 siswa-siswi yang mengikuti seleksi OSN yang diadakan di Banyuwangi atau lebih dikenal dengan OSK (Olimpiade Sains Kabupaten) berkumpul di halaman SMAN 1 Pesanggaran untuk berangkat ke tempat penyeleksian. Ada 9 mata pelajaran yang diujikan yakni Ekonomi, Matematika, Fisika, Kimia, Kebumian, Biologi, Komputer, Geografi dan Astronomi.

“Anak-anak akan berangkat pukul 05.30 mengingat tempat seleksi sangat jauh” ujar Bapak Riawan selaku pembimbing OSK.

Belajar Lama Demi OSK

Para peserta OSK yang siap berangkat untuk mengikuti seleksi

Bukan hanya keeberangkatan yang utama, namun ilmu atau kesiapan dan mental siswa menghadapi berbagai soal juga telah dipersiapkan secara matang-matang. Para peserta OSK dari SMAN 1 Pesanggaran telah dididik dan dibekali banyak ilmu dari para guru pembimbing. Bimbingan dilaksanakan usai kegiatan belajar mengajar sepulang sekolah. Bahkan beberapa mata pelajaran tertentu dilakukan bimbingan khusus layaknya kursus.

Terbantu Dengan Adanya Kelompok Belajar

Sejak awal semester ganjil, kelompok-kelompok belajar telah dibentuk. Persiapan dini ini dilakukan guna menyiapkan mental dan memantapkan kemampuan para peserta OSK Smanggar agar mampu bersaing dengan peserta OSK lainnya.

Bimbingan belajar pra seleksi OSK

“Saya terbantu dengan adanya kelompok bimbingan tersebut karena semula saya yang belum bisa menjadi bisa” ujar Yuka Fadana salah satu peserta OSK di bidang Komputer.

Dukungan dan motivasi pun tak henti-hentinya dilontarkan kepada para peserta OSK. “Jika nanti kalah, itu tak jadi masalah. Yang terpenting kami sudah berusaha sekuat tenaga,” ujar Ibu Nanik saat memberikan bimbingan kepada para peserta.

“Jangan jadikan ini sebuah beban. Jadikan saja sebagai pengalaman,” Ibu Riani menambahkan.

Semangat dan motivasi seperti inilah yang menjadikan para peserta OSK Smanggar terus berusaha sebaik mungkin untuk belajar demi OSK. Seperti disampaikan Yunita Pratiwi, peserta OSK Smanggar yang membidangi pelajaran Kimia, “Jikalau kami kami tidak lolos, masih ada adik-adik kami yang masih bisa mewujudkan impian SMAN 1 Pesanggaran.”

spl